Pola-Pola Dasar Candlestick


Keputusan investasi diambil dengan melihat bentuk bentuk candlestick yang terjadi. Artinya, dengan melihat bentuk candlestick, kita dapat mengambil keputusan apakah akan membeli atau menjual saham tersebut.


Dalam kesempatan ini, kita akan mempelajari pola candlestick yang sangat kuat dan akurat dalam memberikan sinyal untuk membeli saham tersebut. Namun pola tersebut memerlukan paling tidak dua buah candlestick yang
berarti dengan melihat dua hari perdagangan Saham tersebut.

Setiap pola, baik yang terbentuk dari satu atau lebih candlestick, umumnya mempunyai nama  agar  mudah  dikenali. Nama  dari  pola  dasar  tersebut (yang terbentuk dari satu candlestick) ditunjukkan dari gambar di bawah ini.


 
Kita dapat menambahkan kata “bullish” untuk candlestick yang berwarna
putih dan “bearish” untuk candlestick yang berwarna hitam.

Seperti contoh, “bullish  small  body untuk candlestick Small Body yang berwarna putih dan “bearish Marubozu” untuk candlestick Marubozu yang berwarna hitam.

Tidak  ada  garis  tegas  yang  membedakan antara  small  body  candlestick dengan  long  body  candlestick. Begitupun shadow  yang  terjadi  di  antara kedua pola tersebut. Karena itu, keputusan masing–masing analis dan investorlah yang membedakan mana small body dan mana long body candlestick.

Marubozu adalah long body  candlestick yang tidak mempunyai shadow. Dalam hal ini, harga penutupan menjadi harga tertinggi dan harga pembukaan menjadi harga terendah dalam candlestick bullish Marubozu. Sebaliknya untuk candlestick bearish Marubozu.

Apabila candlestick mempunyai shadow/tail lebih panjang dari body candlestick tersebut, kita menyebutnya sebagai Long Tail. Umumnya, tail tersebut harus dua kali lebih panjang dari body.

Candlestick Doji menunjukkan harga penutupan yang sama (atau hampir sama)  dengan  harga  pembukaan.  Walaupun  tidak  harus  sama  100%, namun paling tidak perbedaan itu sangat tipis terlihat oleh mata kita. Sehingga doji benar–benar mirip seperti tanda tambah atau Salib.

Adapun bermacam–macam bentuk doji seperti yang dapat kita lihat pada gambar doji di atas.

Perlu diingat, bahwa kita tidak perlu menghapal nama dari candlestick tersebut. Anda hanya cukup memahami psikologis di balik candlestick tersebut

1 komentar:

  1. pola dasar dari candle ini harus bisa dipahami semua trader karena rata rata memulainya di mt4 dengan pembacaan candle ini , begitu pula saya, di octafx , barulah kemudian mengembangkannya dengan pemahaman di ctrader

    BalasHapus